Rabu, 08 November 2017

Huawei B310s unlock + antena triband 22dbi

dikarenakan lokasi tempat tinggal TS termasuk daerah pinggiran dan bukan dalam lokasi komplek perumahan, atau bahasa gampangnya kampung 😅, maka TS agak kesulitan mengakses internet berkecepatan tinggi.  Sebab provider2 besar internet tidak menyasar kedaerah seperti tempat tinggal TS.  Tapi masih untung ada provider 4G yang sudah cukup kawakan yaitu BOLT yang mempunyai BTS tidak begitu jauh dari rumah TS, kurang lebih 2,5km jaraknya.  Sejurus terpasanglah akses internet unlimited dengan speed max 10Mbps.

sayangnya, modem yang diberikan pada paket yaitu aquila max cukup jelek untuk menangkap sinyal.  Oleh sebab itu TS berinisiatip mengganti dengan modem mifi Huawei B310s.

Unit ini sebenarnya copotan dari paket XL bundling, kebetulan unit yang di tangan TS adalah versi yang sudah di unlock sehingga bisa menjalankan provider BOLT.


Pada unit sebenarnya terdapat port untuk antena external, hanya saja bawannya tidak menyertakannya, sehingga TS berinisiatif untuk menambah antena sendiri.  Antena yang dipasang adalah sepasang antena triband tanpa merk dengan gain 22dbi.

Selain antena external, pada belakang unit, terdapat port untuk power (adaptor), lan serta telepon.  Untuk simcard pun dimasukkan dari samping belakang, dengan ukuran simcard yang paling besar (standard).

Seperti pada modem2 seri terbaru huawei lainnya, setting bisa dilakukan melalui apps yang bisa diinstal melalui android maupun ios.  Tapi jika ingin melakukan setting via komp bisa ke 192.168.8.1

TS seneng banget waktu tau modem ini bisa hidup tanpa perlu menekan tombol power, cukup colok adaptor ke listrik maka modem akan menyala.  Sehingga bisa dipadukan dengan timer listrik otomatis, dimana nantinya modem akan menyala dan mati sesuai waktu yang kita atur, hal ini akan membuat usia modem lebih awet.


Untuk kualitas sinyal ternyata device ini cukup bisa diandalkan.  Dalam keadaan antena external tak terpasangpun performanya cukup bisa diandalkan, berikut hasil speestest ketika tidak menggunakan antena external.

Dan berikut adalah hasil speedtest ketika menggunakan antena external.  Saat test berlangsung jarum tes seakan melewati angka sepuluh, hanya saja karena batas max speednya 10Mbps maka hasil max yang didapat seperti gambar dibawah ini 😅


Sekian review singkat kali ini dari TS, semoga bisa bermanfaat dalam mengambil keputusan pembelian

untuk unboxing bisa dilihat di : https://youtu.be/fsfPqSHrC1E

1 komentar: