Sabtu, 14 November 2020

asus xonar d-kara soundcard


sebenernya pengennya sih punya soundcard onkyo se-200ltd tapi apa daya duitnya ga ada 😅


yowes sebagai hiburan cari aja soundcard 2nd yang ada bau2 musiknya.  ribet juga nyarinya wong dipasaran itu yang banyak beredar adalah soundcard gaming, ya mungkin karena industri ini lebih rame ketimbang penikmat musik.  akhirnya pilihan dijatuhkan pada asus xonar d-kara.  selain murmer, soundcard ini lah yang masih ada bau2 musiknya.  walau sebenernya disedikasikan untuk karaoke, namun bisa dipakai juga untuk denger musik.


kesan pertama ya biasa aja kek soundcard pci lainnya, buka casing pc, tancep ke pci, tutup casing pc trus nyalain dah.  donlot driver juga ga susah, ukurannya sekitar 5mb-an. setelah install lalu nyoba nyetel lagu2 di spotify, itunes dan mp3 menggunakan foobar 2000.


output dikoneksikan ke marantz pm6006.  lalu coba nyetel beberapa lagu yang sama, dibandingin juga output suaranya, antara yang masuk menggunakan bluetooth receiver px 1600 (source pc yang sama) dan masuk dari xonar d-kara menggunakan kabel 3.5mm to rca merk u-green.


perbedaan ga terlalu banyak sih, wong receiver px1600 juga pada dasarnya punya dac yang bagus.  hanya saja menggunakan xonar d-cara suara instrumen dan vokal jadi lebih jelas.  peningkatan sedikit ini bisa dibilang lumayan lah untuk kuping2 yang sensitip.  untuk staging dan separasi nyaris sama dengan menggunakan px1600, namun untuk warm & nyaman masih lebih unggul px1600 lah ketimbang menggukan souncard ini, "suaranya jujur" nya jadi lebih terdengar.


oh ya, pada software xonar d-kara ini terdapat berbagai setingan, baik untuk pemutar musik maupun karaoke.  yang pasti suara yang dihasilkan maks 96khz - 24 bit.  TS merasa cukup walau peningkatannya ndak terlalu signifikan...


👍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar